cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota palembang,
Sumatera selatan
INDONESIA
Psikis : Jurnal Psikologi Islami
ISSN : 2502728X     EISSN : 25496468     DOI : -
Core Subject : Education,
Psikis: Jurnal Psikologi Islami is a scientific journal published by Faculty of Psychology of State Islamic University (UIN) Raden Fatah Palembang. The papers to be published in Journal of Islamic Psychology is a kind of article of research (quantitative or qualitative research approach), literature study or original ideas that are considered to contribute to the development of general psychology and Islamic Psychology especially with the theme of integration of Psychology and Islamic either by individual or by groups. It is published twice a year, in June and in December.
Arjuna Subject : -
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 3 No 1 (2017): Psikis: Jurnal Psikologi Islami" : 8 Documents clear
Kontribusi Minat Belajar, Lingkungan Sekolah dan Profesionalisme Guru Terhadap Hasil Belajar PAI SMP Muhammad Irsan Barus
Psikis : Jurnal Psikologi Islami Vol 3 No 1 (2017): Psikis: Jurnal Psikologi Islami
Publisher : Program Studi Psikologi Islam, Fakultas Psikologi, Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.19109/psikis.v3i1.939

Abstract

Tujuan utama penelitian ini untuk mengungkapkan kontribusi: (1) minat belajar terhadap hasil belajar PAI: (2) lingkungan sekolah terhadap hasil belajar PAI: (3) profesionalisme guru terhadap hasil belajar PAI: (4) minat belajar, lingkungan sekolah, dan profesionalisme guru secara bersama-sama terhadap hasil belajar PAI.Penelitian ini terdiri atas tiga variabel bebas, yaitu minat belajar, lingkungan sekolah, dan profesionalisme guru. Variabel terikatnya adalah hasil belajar PAI. Populasi penelitian 170 orang. Sampel dipilih dengan teknik proportional random sampling sebanyak 135 orang. Data minat belajar, lingkungan sekolah, dan profesionalisme guru diperoleh dengan mengedarkan angket kepada 135 peserta didik, sedangkan data tentang hasil belajar diperoleh melalui dokumen hasil ujian semester. Data dianalisis menggunakan uji regresi berganda.Temuan hasil penelitian menunjukkan (1) minat belajar berkontribusi sebesar 17,8% terhadap hasil belajar PAI; (2) lingkungan sekolah berkontribusi sebesar 17,9% terhadap hasil belajar PAI; (3) profesionalisme guru berkontribusi sebesar 19,5% terhadap hasil belajar PAI; (4) minat belajar, lingkungan sekolah dan profesionalisme guru berkontribusi secara signifikan sebesar 28,1% terhadap hasil belajar PAI dan 71,9% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
PERILAKU LESBIAN SANTRI PONDOK PESANTREN Harmaini Harmen; Ratna Juita
Psikis : Jurnal Psikologi Islami Vol 3 No 1 (2017): Psikis: Jurnal Psikologi Islami
Publisher : Program Studi Psikologi Islam, Fakultas Psikologi, Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.19109/psikis.v3i1.1219

Abstract

Santri merupakan istilah yang biasanya dipakai untuk menyebut siswa perempuan yang belajar atau menuntut ilmu di lingkungan pondok pesantren. Umumnya, santri masuk dalam kategori remaja dimana pada masa ini merupakan masa mengeksplorasi dan bereksperimen tentang segala hal, termasuk identitas seksual mereka. Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya kasus yang merujuk pada kecenderungan perilaku seksual lesbian dikalangan santri.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui latar belakang dan bentuk perilaku seksual yang terjadi pada santri. Penelitian ini merupakan studi kasus kualitatif yang melibatkan dua orang santri pondok pesantren. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara mendalam dan observasi yang dilakukan dalam rentang waktu tiga bulan. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan selanjutnya dilakukan triangulasi data dari sumber yang berbeda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1). kedekatan subjek dengan teman yang merupakan seorang lesbian mempengaruhi subjek untuk kemudian ikut menjadi lesbian. 2) timbulnya perhatian dan kenyamanan subjek terhadap teman sejenis semakin menguatkan dorongan untuk menjadi lesbian. Bentuk perilaku seksual yang pernah dilakukan subjek yaitu berpelukan, berciuman dan menyentuh bagian tubuh tertentu dari pasangannya.
WORK ENGAGEMENT KARYAWAN PT. BUKIT ASAM, PERSERO DITINJAU DARI SPIRITUALITAS Ema Yudiani
Psikis : Jurnal Psikologi Islami Vol 3 No 1 (2017): Psikis: Jurnal Psikologi Islami
Publisher : Program Studi Psikologi Islam, Fakultas Psikologi, Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.19109/psikis.v3i1.1390

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah melihat hubungan antara work engagement dan spiritualitas.  Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah ada hubungan positif antara spiritualitas dan work engagement. Subjek dalam penelitian ini adalah karyawan PT. Bukit Asam, Persero berjumlah 46 orang. Penelitian ini menggunakan dua macam skala yaitu Skala Work Engagement berdasarkan dimensi Work Engagement Schaufeli & Bakker (2003), dan Skala Spiritualitas berdasarkan dimensi Spiritualitas Milliman (2003). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara work engagement dan spiritualitas pada karyawan PT. Bukit Asam, Persero. Ketika karyawan secara spiritual menemukan makna yang dalam dengan pekerjaannya maka karyawan akan memperlihatkan tingkat engagement yang tinggi dengan menunjukkan semangat, dedikasi, dan konsentrasi penuh terhadap pekerjaan.
PENGARUH WARNA TERHADAP SHORT TERM MEMORY PADA SISWA KELAS VIII SMP N 37 PALEMBANG Sawi Sujarwo; Rina Oktaviana
Psikis : Jurnal Psikologi Islami Vol 3 No 1 (2017): Psikis: Jurnal Psikologi Islami
Publisher : Program Studi Psikologi Islam, Fakultas Psikologi, Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.19109/psikis.v3i1.1391

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh warna terhadap short term memory pada siswa kelas VIII di SMP N 15 Palembang. Partisipan pada penelitian ini berjumlah 30 orang siswa kelas  VIII SMP N 15 Palembang, yang dibagi kedalam dua kelompok, kelompok eksperimen dan  kelompok kontrol. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental dengan rancangan randomized two group design posttest only. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakan teknik independent sample t-tes, dari hasil  analisis data diperoleh pengaruh yang signifikan warna (merah, biru, hijau, ungu, oranye dan kuning) pada short term memory dengan nilai ρ = 0.000 (ρ < 0.01) dan nilai t= -4926. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa warna berpengaruh pada short term memory siswa kelas VIII SMP N 15 Palembang.
PSIKOLOGI ISLAM PERSPEKTIF MALIK BADRI Zaharuddin Zaharuddin
Psikis : Jurnal Psikologi Islami Vol 3 No 1 (2017): Psikis: Jurnal Psikologi Islami
Publisher : Program Studi Psikologi Islam, Fakultas Psikologi, Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.19109/psikis.v3i1.1392

Abstract

Pengkajian ini bertujuan untuk mengungkap konsep psikologi Islam perspektif Malik Badri. Konsep psikologi Islam yang diungkap berupa pendekatan dalam merumuskan teori psikologi Islam, proses tahapan pengembangan psikologi Islam dan hakikat psikologi Islam. Kajian ini merupakan jenis penelitian pustaka, dengan cara melakukan telaah terhadap karya-karya dari Malik Badri. Dalam menganalisis kajian pustaka ini, peneliti menggunakan analisis isi (content analysis). Kesimpulan dalam kajian ini pertama, bahwa pendekatan dalam pengembangan psikologi Islam menggunakan kombinasi pendekatan antara skriptualis, filosofis dan tasawwufi (sufistik) dan menggunakan metode pragmatis dan metode idealistik. Kedua, tahapan pengembangan psikologi Islam dimulai dengan dimana tahapan terpersona, penerimaan dan emansipasi. Ketiga, hakikat psikologi Islam menurut Malik Badri adalah upaya dalam merumuskan konsep teori psikologi berdasarkan kajian terhadap al-Qur’an dan hadis yang bertujuan untuk memfilter konsep teori yang bertentangan dengan ideologi Islam.
KEBERMAKNAAN HIDUP LANSIA PEMULUNG YANG BERAGAMA ISLAM DI TEMPAT PEMBUANGAN AKHIR (TPA) SUKAJAYA KECAMATAN SUKARAME PALEMBANG Defi Ardia Ningsih; Iredho Fani Reza; Muhamad Uyun
Psikis : Jurnal Psikologi Islami Vol 3 No 1 (2017): Psikis: Jurnal Psikologi Islami
Publisher : Program Studi Psikologi Islam, Fakultas Psikologi, Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.19109/psikis.v3i1.1394

Abstract

Lansia ialah manusia yang berumur di atas usia 60 tahun dan masih hidup. Makna hidup adalah hal-hal yang dianggap sangat penting dan berharga serta memberikan nilai khusus bagi seseorang, sehingga layak dijadikan Penelitian ini menggunakan penelitian jenis kualitatif dengan rancangan penelitian fenomenologis. Teknik yang digunakan untuk menentukan subjek dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Dengan jumlah informan yaitu empat orang lansia berdasarkan kriteria yang telah ditentukan. D ari hasil analisis data informan, lansia pemulung merasakan kehidupan yang bermakna dengan menerima keadaan mereka bekerja menjadi seorang pemulung di umur mereka yang sudah tua, bersyukur dan tabah serta merasakan kebahagian di dalam kehidupan yang dipengaruhi oleh pengalaman kehidupan yang selalu dalam penderitaan, kesabaran, dan faktor lingkungan yang mayoritas sebagai pemulung.
KEMATANGAN BERAGAMA DENGAN PERILAKU PACARAN PADA SANTRI MA DI PONDOK PESANTREN MODERN AL-FURQON PRABUMULIH Apni Yulika; Kiki Cahaya Setiawan
Psikis : Jurnal Psikologi Islami Vol 3 No 1 (2017): Psikis: Jurnal Psikologi Islami
Publisher : Program Studi Psikologi Islam, Fakultas Psikologi, Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.19109/psikis.v3i1.1395

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empirik apakah ada hubungan antara kematangan beragama dengan perilaku pacaran. Kematangan beragama adalah variabel bebas, sedangkan variabel terikatnya adalah perilaku pacaran. Hipotesis yang diajukan adalah “ada hubungan antara kematangan beragama dengan perilaku pacaran pada santri MA Pondok Pesantren Modern Al-Furqon Prabumulih.Sampel pada penelitian ini yaitu 95 santri MA Pondok Pesantren Modern Al-Furqon Prabumulih.  Metode analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis penelitian adalah dengan analisis regresi sederhana. Semua perhitungan analisis data dilakukan dengan menggunakan bantuan program komputer SPSS (Statistical Packager For Social Science) versi 20.00. Hasil analisis yang diperoleh koefisien korelasi sebesar R = 0,764 dengan signifikansi 0,000 p<0,01, sehingga dapat diketahui bahwa ada hubungan positif yang sangat signifikan antara kematangan beragama dengan perilaku pacaran pada santri MA pondok pesantren modern al-furqon prabumulih. Artinya bahwa remaja yang menjalankan keagamaan tanpa perasaan dan penghayatan cenderung tidak akan bermanfaat sebagai pengontrol perilaku pacaran. Hal ini menunjukkan bahwa tingginya kematangan beragama kemungkinan hanya merupakan ritual saja bukan nilai-nilai yang terhayati dalam dirinya yang merupakan energi yang membatasi mana perilaku yang diperbolehkan atau tidak.
MOTIVASI BERPRESTASI MAHASISWA YANG BERHASIL MENJADI DUTA PENDIDIKAN DAN BUDAYA SUMATERA SELATAN PADA MAHASISWA UIN RADEN FATAH PALEMBANG Melisa Kurnia Asfitri; Lukmawati Lukmawati
Psikis : Jurnal Psikologi Islami Vol 3 No 1 (2017): Psikis: Jurnal Psikologi Islami
Publisher : Program Studi Psikologi Islam, Fakultas Psikologi, Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.19109/psikis.v3i1.1396

Abstract

Peneliti ingin mengetahui faktor apa yang memotivasi mahasiswa UIN Raden Fatah untuk berprestasi menjadi Duta Pendidikan dan Budaya dan bagaimana makna motivasi berprestasi setelah menjadi Duta Pendidikan dan Budaya Sumatera Selatan. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Subjek dalam penelitian ini berjumlah tiga subjek. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini ialah data primer dan data sekunder. Guide wawancara dibuat sendiri oleh peneliti menggunakan teori motivasi berprestasi oleh McClelland. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketiga subjek memiliki kesamaan faktor mengikuti ajang ini, yakni mendapat dukungan penuh dari keluarga dan teman, memiliki keinginan untuk berhasil dan sebagai bentuk pembuktian/pengakuan. Adapun makna berprestasi menjadi Duta Pendidikan dan Budaya Sumatera Selatan bagi ketiga subjek ialah sebagai kebutuhan baik dalam aktualisasi diri, pengembangan karir, pengakuan, dan kebutuhan sosial.

Page 1 of 1 | Total Record : 8